Game Mancing Buatan Lokal di Play Store

Semenjak OS android menguasai pasar smartphone dunia memberikan peluang bisnis baru bagi developer baik game maupun aplikasi. Di Indonesia sendiri saat ini telah ada aplikasi berbasis android seperti bukalapak, tokopedia, Go Jek, OLX dan banyak lagi lainnya. Selain itu tidak ketinggalan pula dengan developer game juga ikut andil dalam meramaikan bursa aplikasi berbasis android di play store. 

Kali ini saya mau mengulas tentang game lokal buatan anak negeri yang tersedia di google play store, khususnya game memancing, karena kebetulan saya hobi mancing, begitu pula dengan game saya juga hobu mainin game mancing. Ada banyak sekali game mancing, tetapi hampir semua buatan luar. Namun karena penasaran saya coba cari game mancing made in indonesia. Tidak lupa saya set pengaturan bahasa HP saya ke bahasa ini supa pada saat pencariaan list game dimunculkan sesuai bahasa asalnya. Akhirnya saya menemukan beberapa game mancing ASLI made in Indonesia jika dicek dari nama developer atau alamat developer yang tertera dibagian bawah jika kita melihat detail aplikasi. Nah berikut  game tersebut :
 Mancing seru dirgahayu

Mancing seru dirgahayu dari deskripsinya game ini dibuat oleh siswa SMK dirgahayu kedungadem jurusan multimedia. Bagus sekali siswa siswa ini masih muda sudah di ajarin buat game berbasis android. Saya coba buka gamenya cukup menarik dan sangat simpel. Ketika pertama dibuka muncul layar utama. Hanya ada satu scene ini saja, posisi pemancing ada di atas perahu  dan dibawah perahu terlihat banyak ikan mondar mandir :), nah untuk mancingnya kita cukup tap di ikan yang lagi lewat. Ketika di tap dilayar maka tali akan dilemparkan menuju posisi tap tadi, dan kalo pas posisinya dengan ikan , maka ikan akan tertangkap. Setiap ikan akan menghasilkan koin dan jika sampai batas waktu tertentu maka koin akan dihitung. Nah disitu sistem scoring game ini. Yah lumayan buat killing time kalo lagi bosan.

Fishing Traveller Game ini namanya aja yang pake bahasa inggris, tapi ternyata made ini indonesia. Game yang satu ini dibuat oleh developer yang menamakan dirinya Hantoo Blaoo Team (mungkin maksudnya hantu blau) , dideskripsinya developer ini beasal dari Pekanbaru. Pertama kali game dibuka muncul layar utama, disini kita tulis nam pemain, lalu saya langsung NEW game aja, karena nggak ada banyak pilihan. Setelah itu masuk ke layar scene gamenya. pada scene ini yang muncul adalah sebuah map, katakanlah sebuah desa seperti dideskripsinya di playstore. Disini sebagai pemain kita menjalankan objek. Ini mirip seperti game pokemon jaman dulu dimana kita bisa jalan mondar mandir seenak hati aja. dan dimap itu juga ada mapnya. Saya langsung  to do point aja, langsung menuu sungai dan YAK BENAR, ternyata muncul pesan 'Do you want to fishing at this river?', ya iyalahh. Jreng muncul scene mancingnya. Game ini ternyata lebih komplit karena scene mancing yang di tampilkan cukup realistik, seperti screenshot dibawah. 

fishing traveller
Bahkan gambar sungai tempat mancingnya pun foto sungai asli, walau kelihatan ada diedit kontras dan brightnesnya. Selain itu ada menu inventory yang didalamnya berisi daftar peralatan mancing dan juga list ikan yang berhasil ditangkap.Teknik menarik kail cukup menarik, untuk melempar umpan cukup dengan tap dan tahan di posisi mana target yang diinginkan. Joran akan menampilkan gerakan seperti menarik kail ke samping kiri atau kesamping kanan, tergantu posisi target. Lalu ketika melepaskan tap, umpan dilempar ke target. Menariknya ada delay ketika umpan dilemparkan hingga umpan jatuh diair. Lalu tidak ketinggalan suara wusss  serta animasi gerakan joran dan suara plung plus animasi riak air saat umpan jatuh diair. Wuih keren nih gan, wajar yang ini dibuat oleh team, buat gamenya pasti keroyokan, mantap. Untuk fitur scene jalan jalan mondar mandirnya ternyata asik juga karena kita bisa ketemu dengan orang orang penghuni desa, ada juga cafe yang jual makanan dan juga toko peralatan mancing. Setelah jalan jalan mondar mandir kesana kemari maju mundur manju mundur can..mmpak :'(, akhirnya  menyisakan tanya,karena ada petunjuk petunjuk yang nggak tahu, sepertinya developer menyiapkan semacam clue gitu yang mungkin jawabannya ada di update berikutnya. wah cukup greget game ini

Mancing Mania Pro I Game ini sekilas mirip dengan Mancing Seru Dirgahayu. Setelah saya coba instal dan play ternyata eh ternyata betty gan alias beda typis. Hanya seditkit perbedaan grafisnya. Developernya adalah aksisoft media, seperti tertera di detail aplikasi. Saya sendiri tidak ngetesnya lagi karena cara kerjanya sama persis dengan yang pertama diatas. 
Memancing Ikan yang diibuat oleh Pria Anteng. Absolutly sama dengan Mancing mania pro I ataupun Mancing seru dirgahayu. Saya sendiri nggak tahu persis apakah ketiga developer ini tetanggaan atau mungkin satu rumah. Cuma saya tetap apresiasi atas usahanya untuk meramaikan bursa aplikasi android yang made in Indonesia.

Program Billing Warnet Dengan FingerScan

Kebanyakan program billing warnet menggunakan autentikasi password, jarang sekali menggunakan fingerscan. Program  Billing Warung Kupi menggunakan fitur fingerscan untuk autentifikasi agar memberikan keamanan terhadap akun member ataupun akun owner (pemilik warnet) dan operator. Dengan fingerscan tidak mungkin akun member dibajak oleh orang lain karena dibutuhkan sidik jari yang terdaftar untuk mengakses sebuah akun. Fingerscan digunakan antara lain :
  • Login member untuk menggunakan  PC Client.
  • Login dan logout Operator , masing masing operator login di server dengan jarinya.
  • Akses Administrator untuk mengubah Setingan di PC Server oleh owner. Operator dan member tidak bisa mengakses fitur ini.

Program billing Warnet Warung Kupi V1.0 dapat digunakan di windows 7 ke atas  dan dapat digunakan secara gratis. Bisa didownload di sini.

Warung Kupi v1.0

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...