Pemanfaatan Waktu Untuk Usaha Sampingan



Banyak orang yang telah bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta yang tidak puas dengan hasil yang ia dapatkan diperusahaan tersebut memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan hidup saat ini memang lebih besar atau jauh lebih besar dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu. Jika sepuluh tahun yang lalu harga yang dibayarkan untuk makan diwarung nasi padang rata-rata Rp5000 , maka sekarang harga yang harus dibayar adalah Rp10.000. Pengaruh ekonomi global yang sangat kuat menekan Indonesia hingga menekan perekonomian rakyat Indonesia yang masih banyak berada dalam posisi ekonomi menengah kebawah. Maka tidak ada jalan lain bagi karyawan swasta yang bergaji kecil atau standar untuk mencari penghasilan di luar jam pekerjaan utamanya.

Memilih untuk mencari penghasilan sampingan sering kali terkendala oleh ketiadaan waktu dimana sebagian waktu telah diambil oleh pekerjaan utama. Lalu bagiamana cara agar bisa mencari penghasilan sampingan dalam kondisi demikian? Ada banyak cara untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak perkerjaan yang bisa dilakukan pada malam hari, misalnya membuka warung kopi. Kata orang bisnis menjual "air" ini menguntungkan. Dalam obrolan saya bersama seorang sahabat disebuah warung kopi dikota  Medan, secara kebetulan saya memperhatikan kopi yang dijual di warung tersebut. Saya sendiri memesan kopi, dan sahabat saya memesan kopi susu. Saya melihat list daftar harga, disitu tertulis kopi Rp4000, kopi susu Rp6000. Segitulah harga kedua minuman yang disajikan dalam gelas kecil yang lancip itu. Jadi, dua sendok susu kental manis yang dimasukkan kedalam segelas kopi tadi telah menaikkan harganya sebesar Rp2000.

Ada juga bisnis sampingan yang tidak harus dikerjakan dimalam hari. Jika anda memiliki modal yang cukup, anda bisa membuat sebuah counter pulsa, sebuah warnet, sebuah game online, rental Playstation, tergantung seberapa besar modal yang anda miliki. Bisnis seperti ini bisa dijalankan dengan menyewa seorang operator untuk operasionalnya. Yang anda lakukan adalah mengawasinya. Dengan demikian anda tidak perlu mengorbankan seluruh waktu anda untuk mengelolanya, cukup mengarahkan operator tadi agar menjalankannya. Bisnis ini memberikan hasil yang cukup lumayan, sebuah rental PS bisa menghasilkan omset jutaan rupiah dalam sebualan tergantung dari jumlah PS yang disewakan. Usaha warnet sebaiknya dibuka didaerah yang ramai komunitas mahasiswanya, seperti didekat kampus. Hal ini karena mahasiswa seringkali mengunakan jasa internet untuk mencari artikel-artikel yang dibutuhkan dalam perkuliahan dan mencetak dokumen. Pemilihan lokasi yang tepat akan memberikan efek multiplikasi yang baik pada uang yang dihasilkan.

Bahkan ada juga bisnis yang bisa dijalankan sambil kerja di tempat kerja itu sendiri. Contohnya jika kantor tempat anda bekerja memiliki akses internet yang tidak dibatasi, maka anda dapat memanfaatkannya untuk bisnis online. Bisnis online itu antara lain Pay to Click, Pay to Review, Jualan online dengan mamanfaatkan blog ataupun sosial media online, perdagangan mata uang atau forex online, dan banyak lagi yang lainnya. Namun untuk yang terakhir ini perlu mendapatkan perhatian khusus. Namun perlu dicatat bahwa bisnis seperti ini sedikit banyak mempengaruhi kinerja anda dikantor. Sebaiknya anda membuat manajemen waktu yang baik agar kinerja anda sebagai karyawan diperusahaan tadi tetap terjaga dengan baik.

Banyak orang yang memiliki usaha sampingan bahkan lebih dari satu jenis usaha. Usaha apapun yang anda jalankan sebagai usaha sampingan, baik itu jasa ataupun menjual produk, online ataupun tidak, asalkan dijalankan secara konsisten ditambah dengan manajemen waktu yang baik dan efesien akan menghasilkan keuntungan yang dapat mendukung keuangan keluarga anda.

Terjemahkan artikel ke bahasa lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Game Mancing Buatan Lokal di Play Store

 Semenjak OS android menguasai pasar smartphone dunia memberikan peluang bisnis baru bagi developer baik game maupun aplikasi. Di Indonesi...