Inilah Suara Aneh dari Langit : Boo...oooonnggg - CBT (Mei 2015)

Saat ini sedang hangat-hangatnya isu suara aneh yang terdengar dari langit. Suara yang di isukan berfrekuensi rendah itu terdengar dibeberapa daerah di amerika, eropa bahkan ada yang bilang di Indonesia. Benarkah demikian, hal ini menjadi sangat menarik ketika suara suara aneh tersebut beredar di youtube. Berbagai pendapatpun bermunculan perihal apa dan kenapa dengan suara aneh itu. Namun tidak sedikit juga yang meragukannya dan menganggapnya sebagai hoax alias palsu. Begitu banyaknya kontroversi inilah yang membuatnya masuk dalam CBT bembenk's blog release Mei 2015. (note : CBT=Cerita Bodoh Terbaru). Lalu seperti apakah suaranya dan bagaimana bisa terjadi?
Secara  ilmiah sebuah gelombang akan merambat dari titik asal kesegala arah. Dari titik pusatnya gelombang menjalar dan mengalami pengurangan energi karena diserap oleh medium pengantarnya. Hal ini menyebabkan gelombang tersebut akan habis pada jarak tertentu dari sumber. Seberapa jauh gelombang tersebut merambat tergantung dari serapan medium tadi dan serapan medium tadi bergantung pada kerapatan partikel medium tersebut. Kecepatan rambatan juga dipengaruhi oleh dua hal tadi. Coba anda dengarkan bunyi dentingan garpu tala di udara dan di dalam air maka akan tahu perbedaannya. Lalu bagaimana jika gelombang melintasi dua atau lebih medium yang berbeda? Mungkin disinilah jawaban dari pertanyaan tentang dari mana datangnya suara aneh tadi. Gelombang suara adalah gelombang mekanis dengan frekuensi kurang dari 20KHz. 20KHz artinya 20 ribu Herzt yaitu 20 ribu gelombang dalam 1 detik. Ketika gelombang suara yang berasal dari suatu medium merambat kedalam medium lainnya dengan kerapatan yang berbeda maka ia akan mengalami distorsi yaitu perubahan frekuensi. Ketika gelombang suara tadi mengalami penurunan frekuensi maka suaranya akan berubah menjadi aneh dalam arti tidak sama dengan suara asli. Bisa jadi akan terdengar seperti slow motion atau sebaliknya seperti suara melengking yang berfrekuensi tinggi.

Dari uraian tadi bisa disimpulkan "jika memang benar suara aneh itu pernah terjadi" , kemungkinan besar suara itu berasal dari medium yang berbeda. Ada beberapa medium yang mungkin antara lain dari dalam air, dari perut bumi atau dari antariksa. Perbedaan yang signifikan adalah antara air dan udara, jadi air dalam hal ini bisa jadi tersangka utama dari mana asalnya suara tersebut.

Terlepas dari semua teori itu, jika di pemberitaan ada di sebutkan frekuensinya sangat rendah hingga 10 Hz maka itu berita itu tidak masuk akal. Mengapa demikian, karena anak SMP pun udah belajar IPA dan mereka tahu pendengaran manusia tidak sampai pada frekuensi tersebut. Jadi dalam hal ini suara aneh itu terdengar seperti : boooo...onngggg.

dan menempati posisi teratas di CBT (Mei 2015), Cerita Bodoh Terbaru Mei 2015.

Terjemahkan artikel ke bahasa lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Game Mancing Buatan Lokal di Play Store

 Semenjak OS android menguasai pasar smartphone dunia memberikan peluang bisnis baru bagi developer baik game maupun aplikasi. Di Indonesi...