Tips Survey Jenis Usaha

Barusan ada seorang teman yang lagi "bingung" menanyakan kepada saya tentang usaha apa yang sebaiknya dia buka. Teman ini memiliki sebuah tempat usaha didaerah yang bisa dikatakan ramai, artinya didaerah itu sudah ada berbagai macam usaha seperti Laundry, Warnet, Minimarket, dll. Awalnya saya mengusulkan beberapa usaha yang mungkin dibukanya, tapi dia biilang usaha itu sudah ada di sana. Wah jadi gmana donkss..


Setelah berfikir "tidak terlalu keras", trus saya dapat ide yang langsung saya sampaikan kepadanya, yah saya bilang boleh dicoba boleh nggak, cuma usulan aja lho. Maka sekalian aja Tips nya saya share disini.


Tips ini digunakan jika kita memiliki lokasi usaha disebuah tempat dimana disekitarnya sudah ada cukup banyak usaha yang sudah berjalan dan bingung mau buka usaha apa.
Pertama: Perhatikanlah usaha-usaha yang sudah ada disekitar tempat tersebut, minimal radius 1 km ato lebih ya lebih baik. Kedua : catatlah usaha-usaha yang ada, cukup catat jenis usahanya saja. Ketiga : Jika semua sudah dicatat, maka berikutnya bisa dilakukan "searching", yaitu mencari usaha yang nggak ada disitu. Caranya pergilah ketempat lain yang daerahnya cukup rame, tempat lain disini maksudnya bukan diluar kota, luar provinsi, atau diluar negeri, itu mah nambah banyak lagi keluar biaya kecuali bagi yang punya duit, maksudnya lokasi-lokasi yang rame dikota anda juga. Terusss, pastinya banyak donk ketemu jenis-usaha lainnya, nah....itu dia, CATET. dan langkah terakhir tinggal compare aja kedua catatannya, ketemu deh.


Terkadang kita bingung mencari usaha apa yang "nggak ada" disekitar tempat dimana kita akan memulai usaha. Hal ini sangat mudah terjadi karena pikiran kita diarahkan ke sesuatu yang "tidak ada" (di tempat itu), mengapa kita tidak melihat apa yang ada. Coba jawab pertanyaan saya, "carilah sifat baik diantara sifat-sifat buruk berikut : ngupil, ngutil, iri hati, dengki, suka mencuri". Bingungkan ? Nah itu dia, jangan mencari sesuatu yang "tidak ada" . Teknik diatas justru kita melihat apa yang ada ditempat kita dan ditempat-tempat atau lokasi-lokasi lainnya di kota yang sama, kemudian dengan mengkompare data-data yang "ada" tersebut bisa kita dapatkan yang "tidak ada" ditempat kita.

Ok bro, salam sukses semoga bermanfaat...
Btw, kalo ada usulan ide yang lain boleh share di komen.


Terjemahkan artikel ke bahasa lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Game Mancing Buatan Lokal di Play Store

 Semenjak OS android menguasai pasar smartphone dunia memberikan peluang bisnis baru bagi developer baik game maupun aplikasi. Di Indonesi...